Ririn Kurniasih, S.Pd.AUD
CGP Angkatan 4 Kabupaten Wonogiri
Nilai Guru Penggerak
Nilai-nilai Guru penggerak berfungsi sebagai motivasi dalam mengarahkan tingkah laku sehingga harus dipahami oleh seorang Guru Penggerak. Nilai-nilai tersebut antara lain:
1.
Mandiri
Guru Penggerak yang mandiri,
berarti guru tersebut mampu memunculkan motivasi dalam dirinya sendiri untuk
membuat perubahan baik untuk lingkungan sekitarnya ataupun pada dirinya sendiri.
2.
Reflektif
Guru Penggerak yang memiliki
nilai reflektif mau membuka diri terhadap pengalaman yang baru dilaluinya, lalu
melakukan evaluasi terhadap apa saja hal yang sudah baik, serta apa yang perlu
dikembangkan, terbuka untuk meminta dan menerima umpan balik dari
orang-orang di sekelilingnya.
3.
Kolaboratif
Kolaboratif berarti seorang
Guru Penggerak mampu senantiasa membangun hubungan kerja yang positif terhadap
seluruh pihak pemangku kepentingan yang berada di lingkungan sekolah ataupun di
luar sekolah.
4.
Inovatif
Seorang Guru Penggerak mampu
senantiasa memunculkan gagasan-gagasan baru dan tepat guna terkait situasi
tertentu ataupun permasalahan tertentu.
5.
Berpihak
pada murid
Seorang Guru Penggerak
selalu bergerak dengan mengutamakan kepentingan perkembangan murid sebagai
acuan utama.
Peran Guru Penggerak
Peran dari dari seorang
Guru tentunya akan lebih maksimal jika memiliki keterampilan ataupun kompetensi
yang sesuai dengan tujuan pendidikan yang diharapkan.
1.
Menjadi
pemimpin pembelajaran yang mendorong wellbeing ekosistem pendidikan sekolah
2.
Menggerakkan
komunitas praktik untuk rekan guru di sekolah dan di wilayahnya
3.
Menjadi
coach dan mentor bagi rekan guru lain terkait pengembangan pembelajaran di
sekolah
4.
Mendorong
kolaborasi antara guru dan pemangku kepentingan di dalam dan di luar sekolah
untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
5.
Mewujudkan
kepemimpinan murid.
Nilai dan peran Guru Penggerak erat kaitannya dengan filosofi Ki Hadjar Dewantara. Guru Penggerak tidak hanya berfokus pada sebagai pemimpin pembelajaran, akan tetapi juga menggerakkan diri serta lingkungan sekolah agar dapat mewujudkan sekolah yang berpihak pada murid. Ketika kita bisa membawa perubahan pada lingkungan sekitar kita, tentunya hasilnya juga akan lebih baik untuk murid kita sehingga bisa mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Nilai-nilai Guru Penggerak diharapkan terus tumbuh dan menjadi pedoman berperilaku untuk seorang Guru Penggerak dalam melaksanakan peran-peran Guru Penggerak, serta mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.
Saya mempunyai visi di masa
depan ketika saya telah lulus menjadi seorang Guru Penggerak, yaitu:
“Seorang guru yang dapat membawa
murid2nya bahagia dan mengajak teman sejawat untuk selalu berkolaborasi”
Untuk mewujudkan visi
tersebut, strategi saya adalah sebagai berikut:
1.
Mengenali
karakter dan minat anak
2.
Menerapkan
filosofi Ing Ngarso Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karso, Tut Wuri Handayani.
3.
Menciptakan
kegiatan belajar seraya bermain yang menyenangkan
4.
Mengembangkan
diri untuk mendapatkan pengetahuan-pengatahuan tentang pendidikan.
5.
Aktif
dalam kelompok kerja guru untuk saling tukar informasi dan mengembangkan
kreativitas.
1.
Keluarga
yang selalu mendukung kegiatan saya
2.
Orang
tua murid yang mendukung dan memberi kepercayaan kepada saya
3.
Teman-teman
guru yang selalu memotivasi dan saling melengkapi dalam berkolaborasi
4.
Instruktur
PGP, Fasilitator, Pengajar Praktik yang telah mentrasferkan ilmunya dan
memberikan inspirasi, serta memberikan motivasi kepada saya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar