Rabu, 17 November 2021

Koneksi Antar Materi - Nilai dan Peran Guru Penggerak

 Ririn Kurniasih, S.Pd.AUD

CGP Angkatan 4 Kabupaten Wonogiri


Nilai Guru Penggerak

Nilai-nilai Guru penggerak berfungsi sebagai motivasi dalam mengarahkan tingkah laku sehingga harus dipahami oleh seorang Guru Penggerak. Nilai-nilai tersebut antara lain:

1.    Mandiri

Guru Penggerak yang mandiri, berarti guru tersebut mampu memunculkan motivasi dalam dirinya sendiri untuk membuat perubahan baik untuk lingkungan sekitarnya ataupun pada dirinya sendiri.

2.    Reflektif

Guru Penggerak yang memiliki nilai reflektif mau membuka diri terhadap pengalaman yang baru dilaluinya, lalu melakukan evaluasi terhadap apa saja hal yang sudah baik, serta apa yang perlu dikembangkan, terbuka untuk meminta dan menerima umpan balik dari orang-orang di sekelilingnya.

3.    Kolaboratif

Kolaboratif berarti seorang Guru Penggerak mampu senantiasa membangun hubungan kerja yang positif terhadap seluruh pihak pemangku kepentingan yang berada di lingkungan sekolah ataupun di luar sekolah.

4.    Inovatif

Seorang Guru Penggerak mampu senantiasa memunculkan gagasan-gagasan baru dan tepat guna terkait situasi tertentu ataupun permasalahan tertentu.

5.    Berpihak pada murid

Seorang Guru Penggerak selalu bergerak dengan mengutamakan kepentingan perkembangan murid sebagai acuan utama.


Peran Guru Penggerak

Peran dari dari seorang Guru tentunya akan lebih maksimal jika memiliki keterampilan ataupun kompetensi yang sesuai dengan tujuan pendidikan yang diharapkan.

1.    Menjadi pemimpin pembelajaran yang mendorong wellbeing ekosistem pendidikan sekolah

2.    Menggerakkan komunitas praktik untuk rekan guru di sekolah dan di wilayahnya

3.    Menjadi coach dan mentor bagi rekan guru lain terkait pengembangan pembelajaran di sekolah

4.    Mendorong kolaborasi antara guru dan pemangku kepentingan di dalam dan di luar sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran

5.    Mewujudkan kepemimpinan murid.

 

Nilai dan peran Guru Penggerak erat kaitannya dengan filosofi Ki Hadjar Dewantara. Guru Penggerak tidak hanya berfokus pada sebagai pemimpin pembelajaran, akan tetapi juga menggerakkan diri serta lingkungan sekolah agar dapat mewujudkan sekolah yang berpihak pada murid. Ketika kita bisa membawa perubahan pada lingkungan sekitar kita, tentunya hasilnya juga akan lebih baik untuk murid kita sehingga bisa mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Nilai-nilai Guru Penggerak diharapkan terus tumbuh dan menjadi pedoman berperilaku untuk seorang Guru Penggerak dalam melaksanakan peran-peran Guru Penggerak, serta mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. 

Saya mempunyai visi di masa depan ketika saya telah lulus menjadi seorang Guru Penggerak, yaitu:

“Seorang guru yang dapat membawa murid2nya bahagia dan mengajak teman sejawat untuk selalu berkolaborasi”

Untuk mewujudkan visi tersebut, strategi saya adalah sebagai berikut:

1.    Mengenali karakter dan minat anak

2.    Menerapkan filosofi Ing Ngarso Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karso, Tut Wuri Handayani.

3.    Menciptakan kegiatan belajar seraya bermain yang menyenangkan

4.    Mengembangkan diri untuk mendapatkan pengetahuan-pengatahuan tentang pendidikan.

5.    Aktif dalam kelompok kerja guru untuk saling tukar informasi dan mengembangkan kreativitas.

 Pihak-pihak yang berperan serta dalam pencapaian tersebut antara lain:

1.     Keluarga yang selalu mendukung kegiatan saya

2.     Orang tua murid yang mendukung dan memberi kepercayaan kepada saya

3.     Teman-teman guru yang selalu memotivasi dan saling melengkapi dalam berkolaborasi

4.     Instruktur PGP, Fasilitator, Pengajar Praktik yang telah mentrasferkan ilmunya dan memberikan inspirasi, serta memberikan motivasi kepada saya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT IGTKI-PGRI KE-73, RIRIN: "TINGKATKAN KREATIVITAS DAN KEKOMPAKAN" 22 Mei 2023 Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia Kecamatan...